MEMBUAT MODEL 3D MENGGUNAKAN PLANE

KALI ini ako akan bagi-bagi cara bikin model 3d helm future suit menggunakan PLANE

mohon maaf sebelumnya , ako membuat tutorial ini karena kesal dengan seseorang yang meremehkan setiap object yang saya upload itu dibilang COPAS/BUKAN KARYA SENDIRI,  moga-moga dia BACA TUTORIAL INI

oke, udah sesi CURHATNYA, nyok langsug digaraaappppp

STEP 1: MEMBUAT CONTEKAN / BLUEPRINT MODEL

BUAT object dari PLANE pada front viewport, lalu beri material [tekan tombol M pada keyboar] / no 3 pada gambar , masukkan bitmap pada material dan gunakan materialitu ke plane tadi

DUPLICAT / COPY DENGAN MENAHAN TOMBOL SHIFT DAN ROTASIKAN SEBESAAR 90 DERAJAT, DAN OK


 selanjutnya pada plane yang dicopy tadi beri material dengan gambar satunya [gambar tampak samping]


STEP 2 : MEMBUAT OBJECT DENGAN PLANE

 buat bidang plane dengan parameter LENGTH =1 , dan WIDTH = 1

seleksi plane lalu klik kanan pada mouse dan pilih conver to editable poly
pada rollout modifers gunakan vertex untuk menentukan posisi vertex [titik] pada object tersebut

STEP 2: MENAMBAH / MEMBANGUN PLANE BARU 

pada rollout modifers gunakan edge untuk menentukan posisi edge [garis / sudut] pada object tersebut, KLIK sudutnya  TAHAN TOMBOL "SHIFT" lalu  geser KEBAWAH
TAMBAHAN [ bila ingin membangun object dengan tingkat kelembutan lebih, MAKA atur PARAMETER SUBDIVISION SURFACE  seperti gambar

lakukan terus sesuai dengan KEINGINAN mau d model seperti apa PLANE tersebut 
gambar 90 %

STEP 4 : DUPLICATE / MEMBUAT UTUH PLANE OBJECT / MODEL HELM TERSEBUT

KLIK MIRROR > COPY > OK lalu dekatkan object tersebut
KLIK KANAN MOUSE DAN PILIH ATTACH KE OBJECT SATUNYA  AGAR MENJADI SATU OBJECT 
SELEKSI TITIK TEPI KEDUA OBJECT yang akan disatukan dengan memilih WELD dan parameter dimulai paling kecil sampai dirasa cukup menyatu
untuk sudut [edge] yang berjauhan bisa menggunakan metode BRIDGE dengan cara seleksi sudut pertama lalu tahan tombol CTRL untuk menambah seleksi edge yang diinginkan
lalu klik BRIDGE untuk menyatukannya

STEP 5: MAMBERI MATERIAL PADA HELM / OBJECT

gunakan edit polygon , tahan tombol CTRL untuk menambah daerah yang akan diberi material
material-1 NEON baca di postingan sebelumnya
tekan CTRL+i untuk invers selection [ menyeleksi object selain object yang terseleksi tadi]
dan gunakan material plastik [ lainnya juga bissa]
render dah TEKAN F9

INI PENAMPAKANNYA BRO

Comments

Popular posts from this blog

CHEAT GBA UNTUK SYMBIAN S60V3