PISTON ANIMATION 3Ds Max

HAI SOBBAT PECINTA 3DS MAX DAN BERJIWA OTOMOTIF, SAKING CINTANYA AMA MESIN AKO BAGI-BAGI CARA BIKIN ANIMASI / GERAKAN PISTON ATAU BAHASA UMUMNYA ITU SEKER

inti dari praktek kali ini yaitu membuat pergerakan piston sesuai dengan prinsip kerjanya , YAITU merubah gaya gerak naik turun pada piston menjadi gaya memutar pada crackshaft [as-kruk] melalui poros bubungan dari stang seker [t-root], YUUUKKK
STEP 1: MEMBUAT OBJECT

buat 5 object = piston, pin piston, askruk, troot, pin askruk BISA DIAMBIL DISINI DALAM FILE UNDUHAN SUDAH DISERTAKAN PISTON JADI DENGAN KONFIGURASI MESIN V8
BUAT DUA DUMMY PADA FRONT VIEW PORT , SATU UNTUK BAGIAN ATAS, SATUNYA UNTUK BAGIAN BAWAH
CARANYA : PADA ROLLOUT SEBELAH KANAN KLIK HELPER>DUMMY
POSISIKAN DUMMY ATAS PADA PIN PINTON DAN YANG SATUNYA PADA PIN ASKRUK
SELEKSI DUMMY ATAS LALU KLIK ANIMATION>CONSTRAIN>LOOK CONSTRAIN DAN ARAHKAN KEPADA DUMMY BAWAH
PADA TAHAP INI BIASANYA SETELAH MEMILIH DUMMY , MAKA AKAN MENCLEK,MIRING ALIAS TIDAKLURUS LOH :D
MAKA LURUSKANLAH DENGAN MEMILIH SUMBU "X,Y,Z" SALAH STU SAJA SAMPAI ADA YANG LURUS
KEMUDIAN SELEKSI DUMMY BAWAH + PIN ASKRUK DAN LINK KAN KE ASKRUK
SEKARANG SELEKSI DUMMY ATAS + PIN-PISTON DAN LINK KAN KEPADA PISTON
UNTUK SATU INI SENDIRIAN, SELEKSI STANG PISTON DAN LINK KAN KEPADA DUMMY ATAS
JIKA SEMUA SUDAH BENAR, MAKA SAAT KITA MEMUTAR ASKRUK / CRANKSHAFT MAKA SETANG PISTON AKAN BERGERAK SESUAI FUNGSINYA, TAPI POSISI PISTON TIDAK BERUBAH,, JADIIIII KITA HARUS MEMBUAT ANIMASINYA DENGAN AUTO KEY

CARANYA : KLIK AUTOKEY PASTIKAN PADA FRAME [0] DAN SET KEY, LALU GESER KE FRAME [100] DAN PUTAR 360 DERAJAT
UNTUK PERGERAKAN PISTON CUKUP SELEKSI PISTON DAN GESER KEATAS/ KEBAWAH SESUAI KEINGINAN [FRAME YANG DILINGKARI ITU ADALAH POSISI FRAME YANG BISA D BUAT PATOKAN UNTUK PERGERAKAN PISTON
SELAMAT MENCOBA, GAGAL YA COBA LAGI, NAMANYA JUGA COBA-COBA :D

Comments

Popular posts from this blog

CHEAT GBA UNTUK SYMBIAN S60V3