MEMBUAT MODEL 3D MENGGUNAKAN PLANE
KALI ini ako akan bagi-bagi cara bikin model 3d helm future suit menggunakan PLANE
mohon maaf sebelumnya , ako membuat tutorial ini karena kesal dengan seseorang yang meremehkan setiap object yang saya upload itu dibilang COPAS/BUKAN KARYA SENDIRI, moga-moga dia BACA TUTORIAL INI
oke, udah sesi CURHATNYA, nyok langsug digaraaappppp
STEP 1: MEMBUAT CONTEKAN / BLUEPRINT MODEL
BUAT object dari PLANE pada front viewport, lalu beri material [tekan tombol M pada keyboar] / no 3 pada gambar , masukkan bitmap pada material dan gunakan materialitu ke plane tadi
mohon maaf sebelumnya , ako membuat tutorial ini karena kesal dengan seseorang yang meremehkan setiap object yang saya upload itu dibilang COPAS/BUKAN KARYA SENDIRI, moga-moga dia BACA TUTORIAL INI
oke, udah sesi CURHATNYA, nyok langsug digaraaappppp
STEP 1: MEMBUAT CONTEKAN / BLUEPRINT MODEL
BUAT object dari PLANE pada front viewport, lalu beri material [tekan tombol M pada keyboar] / no 3 pada gambar , masukkan bitmap pada material dan gunakan materialitu ke plane tadi
DUPLICAT / COPY DENGAN MENAHAN TOMBOL SHIFT DAN ROTASIKAN SEBESAAR 90 DERAJAT, DAN OK
selanjutnya pada plane yang dicopy tadi beri material dengan gambar satunya [gambar tampak samping]
STEP 2 : MEMBUAT OBJECT DENGAN PLANE
buat bidang plane dengan parameter LENGTH =1 , dan WIDTH = 1
seleksi plane lalu klik kanan pada mouse dan pilih conver to editable poly
pada rollout modifers gunakan vertex untuk menentukan posisi vertex [titik] pada object tersebut
STEP 2: MENAMBAH / MEMBANGUN PLANE BARU
pada rollout modifers gunakan edge untuk menentukan posisi edge [garis / sudut] pada object tersebut, KLIK sudutnya TAHAN TOMBOL "SHIFT" lalu geser KEBAWAH
TAMBAHAN [ bila ingin membangun object dengan tingkat kelembutan lebih, MAKA atur PARAMETER SUBDIVISION SURFACE seperti gambar
lakukan terus sesuai dengan KEINGINAN mau d model seperti apa PLANE tersebut
gambar 90 %
STEP 4 : DUPLICATE / MEMBUAT UTUH PLANE OBJECT / MODEL HELM TERSEBUT
KLIK MIRROR > COPY > OK lalu dekatkan object tersebut
KLIK KANAN MOUSE DAN PILIH ATTACH KE OBJECT SATUNYA AGAR MENJADI SATU OBJECT
SELEKSI TITIK TEPI KEDUA OBJECT yang akan disatukan dengan memilih WELD dan parameter dimulai paling kecil sampai dirasa cukup menyatu
untuk sudut [edge] yang berjauhan bisa menggunakan metode BRIDGE dengan cara seleksi sudut pertama lalu tahan tombol CTRL untuk menambah seleksi edge yang diinginkan
lalu klik BRIDGE untuk menyatukannya
STEP 5: MAMBERI MATERIAL PADA HELM / OBJECT
gunakan edit polygon , tahan tombol CTRL untuk menambah daerah yang akan diberi material
material-1 NEON baca di postingan sebelumnya
material-1 NEON baca di postingan sebelumnya
tekan CTRL+i untuk invers selection [ menyeleksi object selain object yang terseleksi tadi]
dan gunakan material plastik [ lainnya juga bissa]
render dah TEKAN F9
INI PENAMPAKANNYA BRO
Comments
Post a Comment